E-Business (Sistem Informasi Lanjut) [Tugas Kuliah]

Pengertian E-Business

Begitu banyak definisi tentang e-business yang terdapat dalam literatur dan internet. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
  • Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
  • E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-businesswith Net.Commerce. Prentice Hall)
  • Menghubungkan sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business. (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall)

Contoh dari E-Business:

  • E-Commers.
Merupakan segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik seperti internet. Contohnya: lazadatokopediablibli, dll.
  • E-Banking.
Merupakan segala bentuk bisnis transaksi bank melalui mobile phone. Contohnya: mandiri banking, bca banking, btn mobile, bri mobile, dll.
  • E-Money.
Merupakan sebuah bentuk bisnis jasa transportasi darat melalui sebuah kartu elektronik. Contohnya: e-toll card, multi-trip card, dll.
  • E-Learning.
Training atau edukasi yang disajikan secara online. E-Learning digunakan secara mendalam di dalam suatu perusahaan untuk pelatihan karyawannya (disebut e-training). E-Learning juga disebut sebagai universitas maya.


Kesimpulan yang bisa diambil :

E-Business adalah sebuah kegiatan yang biasa kita lakukan sepeti bisnis, transaksi, atau jual beli yang dilakukan secara online melalui kegiatan elektronik / internet. E-Businnes juga merupakan perusahaan yang dapat berhubungan langsung dengan customer, rekan bisnis ataupun supplier. E-Business juga bisa berupa iklan, yang bisa mengajak seseorang untuk membeli suatu produk. Tanpa E-Business, E-commerce tidak bisa berjalan dengan baik. Salah satu fungsi dari E-business itu sendiri untuk mendukung bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan lain lain. Kesimpulan lebih tepatnya adalah sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi oleh individu, organisasi, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih.

Referensi :

Lihat Kampus ku :

Institut Pertanian Bogor

Sekian yang bisa di post hari ini, jangan lupa beri Komentar dan Reaksi terhadap Blog ini yaa. Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih, See you Next My Posting ! ^^


Comments

Cyyy said…
hai fitriyah, terimakasih ya atas informasi tentang dunia e-bussines nya. sangat bermafaat ini, untuk menambah wawasan :)
wuuah, alhamdulillah iya kembali kasih ya citra :) jangan lupa baca postingan lainnya ya! ^^ hehe
Unknown said…
hi fit, bagaimana caranya agar e-business bisa berkembang dengan pesat di Indonesia?
Unknown said…
Untuk kekurangan dan kelebihan dari e-business ini apa? Makasih fit :)
Unknown said…
Assalammu'alaikum
fit mau bertanya nih bagaimana menurut fitri di indonesia ini banyak yang menggunakan E-Bussines atau E-commerce?
assalamualaikum, saya ingin menanyakan mengapa e-learning merupakan bagian dari e-business?
terima kasih
putrimpm said…
terimakasih ya fitri atas informasinya mengenai e-business dan e-government, tapi bagaimana menurut fitri hubungan antara e-businees dengan e-commerce?
teja said…
Assalamualaikum Fitri
Ulasan yang sangat menarik semoga e-business dapat berkembang di Indonesia sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih.bagi pihak pebisnis dan pelanggan setianya
terimakasih
linazainprojek said…
menurut agan sendiri beda e-commerce dan e-bussines itu apa gan?
Unknown said…
Terima kasih fitri atas informasinya. Apa saja kelemahan dari aplikasi bisnis E-Commerce?

Popular posts from this blog

Pengggunaan Layanan Resmi Aspirasi Online Kabupaten Bogor [Tugas Kuliah]

Hanya ingin belajar ikhlas