Pengggunaan Layanan Resmi Aspirasi Online Kabupaten Bogor [Tugas Kuliah]

Layanan Resmi Aspirasi atau yang disingkat dengan LARAS Online Pemkab Bogor adalah salah satu situs E-Government milik Kabupaten Kota Bogor yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan E-Government. Situs ini berupa pengaduan masyarakat bogor terhadap apa yang terjadi di sekitar kabupaten Bogor. Pengaduan masyarakat ini bisa berbentuk : saran, kritik, pengaduan, maupun pertanyaan yang ingin disampaikan kepada pemerintah daerah setempat.

Nah, disini Saya akan memberikan tutorial cara untuk bisa melaporkan pengaduan secara online lewat situs LARAS Online Pemkab Bogor sebagai berikut :
1. Pertama, cari di google dengan keyword "pengaduan kabupaten bogor" lalu pilih LARAS | Layanan Resmi Aspirasi Online Kabupaten Bogor:

2. Setelah itu terbukalah website http://pengaduan.bogorkab.go.id/ maka akan muncul gambar dibawah ini, lalu jangan lupa jika ingin mendaftar bisa mengklik "Daftar Pengaduan" dibawah kolom LOGIN PENGGUNA atau bisa juga memilih "Daftar Disini" dibawah kolom JOIN IN! bisa juga melalui facebook atau twitter anda.

3. Ketiga, Disini saya daftar dengan cara memilih "Daftar Pengaduan" dibawah kolom LOGIN PENGGUNA. Lalu mengisi data diri di form DAFTAR ASPIRASI PENGUNJUNG untuk bisa login menjadi pengguna situs. Jika sudah selesai jangan lupa mengisi kolom verifikasi lalu pilih Submit.
        

4. Setelah mensubmit maka akan ada pemberitahuan untuk mengaktifkan akun dengan cara membuka email anda dan pilih pesan masuk dari admin Laras Online lalu pilih Aktifkan Akun Saya. Jika email anda menggunakan gmail maka cek di bagain spam, tetapi jika menggunakan yahoo maka cek di email masuk seperti pada gambar dibawah ini :
       

5.Kelima, setelah mengaktifkan akun maka anda masuk kedalam situs website Laras Online kembali dan melakukan login sebagai pengguna seperti gambar berikut ini: 

6. Lalu pilih kolom KIRIM PENGADUAN dan mengisikan form KIRIM PENGADUAN VIA WEB lalu pilih Submit jika sudah selesai melakukan pengaduan seperti gambar dibawah ini :


7. Selanjutnya, setelah selesai mengirim pengaduan lalu lihat di kolom PENGADUAN TERKIRIM:

8. Terakhir, Setelah kurang lebih 7 hari saya menunggu ternyata belum ada juga tanggapan lebih lanjut dari pengaduan saya, seperti ditunjukkan gambar dibawah ini :

Begitulah beberapa tutorial cara melakukan pengaduan melalui website online Laras Kabupaten Bogor. Semoga bisa membantu anda dalam memahami E-Goverment yang ada di Indonesia. Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih semoga bermanfaat.

Link Kampus ku :
IPB

Sumber :
LARAS Online Kabupaten Bogor

Comments

Cyyy said…
Assallamualaikum wr.wb. postingannya sangat bagus dan membantu dalam perluasan wawasan saya. menurut anda bagaimana seharusnya penerapan e-government yang baik dan seharusnya diterapkan di Indonesia khususnya di bogor?
waalaikumsalam citra, terimakasih atas kunjungan nya. menurut saya penerapan e-gov yang baik di indonesia adalah dengan cepat direspon nya setiap pengaduan yang sudah masuk ke dalam website pemerintah tersebut :)

Popular posts from this blog

E-Business (Sistem Informasi Lanjut) [Tugas Kuliah]

Hanya ingin belajar ikhlas